Rombongan Komisi I Bidang Hukum dan Pemerintahan DPRD Kalsel meninjau asrama mahasiswa asal provinsinya yang studi di Jogjakarta (Foto: Istimewa/staf Komisi I DPRD Kalsel.)
Antara

BANJARMASIN, iNews.id - Komisi I Bidang Hukum dan Pemerintahan DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) yang juga membidangi aset daerah mengharapkan pemerintah daerah (Pemda) segera menyelesaikan masalah mahasiswa asal provinsinya di Jogjakarta. Saat sidak dia menemukan penghuni asrama justru bukan mahasiswa.

Sekretaris Komisi I DPRD Kalsel Suripno Sumas mengatakan, ketua komisinya Rachmah Norlias mengunjungi Jogja, pada 17-19 Juni lalu. Rachmah Norlias dari Partai Amanat Nasional (PAN) bersama rombongan meninjau Asrama Sultan Suriansyah tempat mahasiswa asal provinsinya yang bermasalah.

Salah satunya menemukan penghuni Asrama Mahasiswa Kalimantan Selatan (AMKS) Suriansyah Jogja tersebut banyak yang bukan berstatus mahasiswa lagi. Sebagian dari mereka sudah bekerja. Sementara banyak pula mahasiswa yang kuliah di Jogja memerlukan pemondokan.

"Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel merencanakan AMKS Suriansyah Yoga tersebut untuk asrama putri. Namun sampai saat ini belum terealisasi," ujar Suripno Sumas.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu pun mengatakan, saat ini banyak mahasiswi yang belum asrama. 
Di Jogja saat ini terdapat sejumlah AMKS dengan penghuninya mahasiswa/putra yaitu AMKS Pangeran Antasari (Pantas), Lambung Mangkurat (Lamang), Pangeran Hidayatullah dan AMKS Suriansyah 

"Memang sampai saat ini mahasiswi asal provinsi kita yang kuliah di Yogya belum mendapatkan asrama khusus putri dari Pemda/Pemprov Kalsel," ucapnya.


Editor : Nani Suherni

BERITA TERKAIT