Pj Bupati HSU lakukan peninjauan dan serahkan bantuan pada korban bencana banjir dengan mengendarai perahu dan klotok datangi rumah warga. (Foto: dok Pemkab HSU)
Anindita Trinoviana

AMUNTAI, iNews.id - Pj Bupati Hulu Sungai Utara R Suria Fadliansyah melaksanakan peninjauan dan menyerahkan bantuan kepada korban bencana banjir yang ada di Desa Danau Terate Kecamatan Banjang, dan Desa Tebing Liring Kecamatan Amuntai Utara.

Kegiatan ini dilakukan bersama Ketua DPRD HSU Almien Ashar Safari dan Kapolres Hulu Sungai Utara AKB Moch Isharyadi Fitriawan, beserta Plt Kepala BPBD HSU Sugeng Riyadi dengan didampingi Camat Banjang besera jajaran.

Dengan mengendarai perahu dan klotok, Pj Bupati Hulu Sungai Utara mendatangi langsung rumah-rumah warga yang terdampak banjir.

Menurut data dari PUSDALOPS BPBD Hulu Sungai Utara pada Rabu (23/11/2022), saat ini bencana banjir menggenangi 8.526 buah rumah, 24.474 meter jalan, 74 buah fasilitas pendidikan, 6 buah fasilitas kesehatan, 36 buah fasilitas ibadah, 14 buah fasilitas umum, dengan 30.128 jiwa dari 10.121 KK terdampak.

Sedangkan, untuk di Kecamatan Banjang, Pj Bupati HSU menyerahkan 127 paket bantuan dan 97 untuk Desa Danau Terate tersebut. 

Dalam kesempatan tersebut, Pj Bupati HSU menyampaikan keprihatinan terhadap warga terdampak banjir, khususnya yang berada di desa terisolir seperti danau terate dan memberikan himbauan kepada masyarakat agar lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap arus air yang sewatu-waktu mungkin akan meninggi.

Dia juga mengharapkan kepada seluruh masyarakat agar meningkatkan koordinasi dan kerja sama terlebih kepada aparat desa setempat supaya penanganan dampak bencana banjir ini lebih maksimal dan tepat sasaran.

"Kepada seluruh aparat desa, agar dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat dan bersama-sama dengan Pemerintah Daerah bekerja sama dalam menaggulangi bencana banjir yang terjadi," ujarnya.

Perlunya meningkatkan kesadaran dalam memelihara kebersihan lingkungan sekitar agar bencana banjir dapat berlalu dengan cepat.

Sampai dengan saat ini, Kabupaten Hulu Sungai Utara masih dalam kondisi banjir. Dikarenakan kondisi air terus meningkat, Pj Bupati HSU mengeluarkan surat keputusan nomor 188.45/556/kum/2022 tentang status tanggap darurat bencana (TDB) di HSU salah satunya bencana banjir.

Putusan tersebut menimbang, bahwa dari kajian di lapangan menunjukkan keadaan yang mengancam kehidupan masyarakat di HSU.

Selain itu, mengantisipasi dampak bencana banjir dengan cepat, tepat, dan terpadu sesuai dengan standar dan prosedur pada saat tanggap darurat penanganan bencana banjir.


Editor : Anindita Trinoviana

BERITA TERKAIT